Sunday, October 28, 2018

MPP Sewaka Dharma Denpasar Raih Penghargaan Nasional

Delapan Mal Service Publik (MPP) memperoleh penghargaan dari Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam Minggu Kerja Riil Revolusi Mental (PKNRM) di Lapangan ex KONI, Manado, Jumat (26/10/2018). MPP Denpasar jadi salah satunya daerah yang mendapatkan penghargaan atas prinsip untuk menerapkan MPP menjadi bentuk riil Pergerakan Indonesia Melayani (GIM) ke arah service publik kelas dunia.

Baca juga: Akreditasi Prodi UBB

Menteri Koordinator Bagian PMK Puan Maharani selesai menjelaskan, hadirnya MPP adalah salah satunya bentuk revolusi mental dalam program GIM. Delapan daerah yang memperoleh penghargaan yaitu DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Batam, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kota Tomohon, serta Kabupaten Karangasem.

"Ini tunjukkan revolusi mental dengan perlahan-lahan tetapi sudah pasti dikerjakan tiap-tiap penduduk, dari mulai pusat serta daerah. Atas nama pemerintah, saya berikan animo atas beberapa pengembangan service publik yang sudah dikerjakan," kata Puan.

Pada intinya, MPP ialah pengintegrasian beberapa service dari daerah dengan beberapa service publik lembaga pemerintah pusat, BUMN serta jika mungkin swasta. Dengan skema yang moderen serta terintegrasi, diinginkan penduduk memperoleh service yang cepat, aman, transparan, serta efektif.

Kadis Dinas Penanaman Modal serta Service Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar, I Made Kusumadiputra menjelaskan, sekarang ini MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar memberi 154 type sarana, terbagi dalam 12 bidang perizinan serta non-perizinan yang ada dibawah naungan DPMPTSP Kota Denpasar.

Diluar itu, MPP Sewaka Dharma ikut memberi sarana 41 type service dari lembaga vertikal. Mengenai lembaga vertikal yang masuk mencakup, Polri melayani perpanjangan SIM A serta C, SKCK serta surat info kehilangan; perbankan; PLN; PDAM; BPJS; Kantor Pajak; Imigrasi; serta Tubuh Pertanahan Nasional.

Baca juga: Akreditasi Prodi UNIB

MPP Denpasar selalu bereksperimen untuk membuat kenyamanan penduduk serta pemakai MPP, ikut dioperasikan skema antrean dan pendaftaran online di Disdukcapil serta Service SIM. Sedang pada service perizinan dan service yang lain telah terlebih dulu mengaplikasikan skema online.

Selain itu aplikasi tanda-tangan berbasiskan elektronik sudah dikerjakan pada izin kesehatan, terutamanya Surat Izin Praktek Perawat, Surat Izin Praktek Bidan, Surat Izin Praktek Elektromedik, Surat Izin Praktek Fisioterapi, dan Surat Izin Perawat Gigi serta Mulut.

No comments:

Post a Comment