Wednesday, October 10, 2018

BMKG: Angin Kencang yang Menerjang Cilincing Bukan Puting Beliung

Rumah masyarakat di Asrama Karyawan Dinas Lingkungan Hidup, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, rusak kronis karena diterjang angin kencang. Berdasar pada beberapa ciri angin itu, disangka bukan termasuk juga puting beliung.

 Baca juga: Jurusan di UPH

Kepala Sisi Humas BMKG Hary Tirto Jatmiko mengatakan, angin kencang yang berhembus di daerah Semper Barat, bukan angin puting beliung. Karena, jika type angin puting beliung, jadi angin yang berhembus tentu dibarengi hujan deras. Sedang waktu peristiwa di Asrama Karyawan Dinas Lingkungan Hidup, Semper Barat, Selasa tempo hari, cuaca saat itu cerah.

“Saya belumlah pastikan pemicu momen angin kencang, tetapi jika dari cirinya bukan puting beliung,” tutur Hary, Rabu (10/10/2018).

Hary mengkaji, peristiwa yang berlangsung dikarenakan turbulensi, atau kecepatan saluran hawa serta atau arah pergerakannya beralih secara cepat.

"Turbulensi dikarenakan terdapatnya pergantian arah angin yang tidak diduga. yakni saat arah angin beralih mendadak, baik dengan horizontal ataupun vertikal dalam jarak yang dekat," jelas Hary.

 Baca juga: Jurusan di USAKTI

Hary meneruskan, kejadian turbulensi adalah kejadian alamiah yang relatif cukuplah seringkali berlangsung. Saat itu angin yang hadir ada di lingkung sempit.

"Skalanya begitu lokal. Jika bangunan non permanen atau semi permanen, jadi bisa bisa saja untuk terdampak," tutup Hary.

No comments:

Post a Comment