Wednesday, September 26, 2018

Upaya Meningkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenia

Rayakan HUT yang ke-39, Dewan Kerajinan Nasional mengadakan pameran kerajinan Kriya Nusa 2018 yang berjalan semenjak Rabu (26/9/2018) sampai Minggu (30/9/2018)di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Pameran mengusung topik "Naikkan Sinergitas serta Kreatifitas Wiraswasta Milenia!" serta nengusung simbol daerah Nusantara dari Aceh, yaitu motif Pucuk Rebung menjadi basic design publikasi. Pameran di buka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta didampingi Mufidah Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Biaya Kuliah UPN - Biaya UKT UPN

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla, dalam sambutan pembukaan menyampaikan jika industri kreatif di Tanah Air sekarang berkembang dengan amat cepat, baik dalam taraf mikro, kecil sampai menengah.

"Industri kreatif ini adalah bidang yang strategis, sebab dekat dengan sehari-harinya rakyat Indonesia. Ini dapat kita utamakan menjadi mata pencaharian, terpenting dengan manfaatkan sdm melimpah yang kita punya serta sumber kreatif lokal," tuturnya di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Ketua Umum Dekranas juga mengataka jika kebudayaan lokal Nusantara yang begitu variasi pantas dilihat menjadi jati diri nasional tiada butuh mengekang kreatifitas beberapa pelakunya.

"Industri kreatif lokal bagus untuk tingkatkan daya saing produk kebudayaan Indonesia, hingga produk kerajinan kita menjadi produk yang disukai serta mempunyai daya saing di daya saing global," tutur Mufidah.

Dalam pameran ini, Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) serta kementerian juga turut memfasilitasi partner binaan untuk ikut serta hingga ada 313 stand kriya serta 21 stand kuliner.

Stand-stand itu terbagi dalam 172 stand Dekranasda, 37 stand Kementerian serta BUMN, 76 perajin individu, serta stand ikonik dan desainer.

Daerah yang lain yang ikut memeriahkan Dekranas 2018 ialah Kabupaten Halmahera Barat yang di hadiri oleh istri Bupati Halmahera Barat Joula A. Danny Missy bersama rombongan Dekranasda Kab. Halmahera Barat, yakni Ketua Harian Dekranasda Martinus Djawa, Sekretaris Dekranasda Sahmi Salim dan deretan pengurus Dekranasda Halmahera Barat.

Baca juga: Biaya Kuliah STKS - Biaya UKT STKS

Mengenai kerajinan atau produk yang diunggulkan dari Halmahera Barat salah satunya keripik pisang mulut bebek , beberapa macam souvenir serta kerajinan tangan, minyak VCO, stik sagu, minuman sari pala serta sari jeruk.

Menjadi Ketua Dekranasda Halmahera Barat, Joula A. Danny Missy mengharap pameran semakin mensejahterakan beberapa pengrajin serta produknya semakin diketahui oleh penduduk luas nasional ataupun internasional.

KriyaNusa 2018 akan mengadakan fashion show dengan membawa beberapa desainer untuk bekerja bersama dengan perajin daerah untuk mengedukasi perajin serta mengenalkan hasil kerajinan daerahnya pada penduduk yang lebih luas.

No comments:

Post a Comment