Sunday, September 9, 2018

Mahasiswa FTUI Temukan Bahan kimia pembersih lantai jadi bahan bakar alternatif


Mahasiwa Fakultas Tehnik Kampus Indonesia (FTUI) jurusan Tehnik Kimia coba menggali pengembangan untuk temukan bahan bakar pilihan. Rupanya, satu grup mahasiswa bernama Chem - E - Car atau Chemical Engineering Car adalah salah satunya club peminatan di Departemen Tehnik Kimia UI.

 Baca juga: Akreditasi Prodi UMM

Mereka memakai reaksi hidrogen peroksida serta Kalium Permanganat akan mendesak vessel serta membuahkan pressure. Peroksida sampai kini diketahui menjadi bahan pembersih lantai.

"Kami buat prototype spesial bahan bakar chemical, dipelopri senior kami, sarjana tehnik kimia, jika bagaimana kami dapat terapkan pengetahuan yang kita temukan, bangun sumber pilihan yang baru. Di tempat ini UI lah yang pertama-tama inisiasi," Ketua Chem E Car UI Club 2014/2015 Andreas, Jumat malam (25/04/2014).

Pembersih lantai atau peroksida itu digunakan pada prototype mobil dengan basic mobil jaman saat ini.
"Saat ini kan mobil gunakan pembakaran, premium, serta yang lain. Di mobil ini tidak ada pembakaran, cuma gas. Saat ini hybrid banyak, mobil Rhino ini prototype kami ini dasarnya mengapa hybrid itu ada," katanya.


Baca juga: Akreditasi Prodi UAD

Andreas menuturkan banyak langkah diversifikasi bahan bakar pilihan yang dapat diwujudkan. "Sangat banyak berlimpah bahan bakar pilihan. Lebih ramah lingkungan," tuturnya.

Andreas menuturkan pengembangan itu juga bisa diaplikasikan satu hari - hari. "Mungkin, ini kita buat lakukan prototype mobil dahulu, reaksi cepat ramah lingkungan, cuma hasilkan H20, gas uap air, oksigen, pressurenya tinggal katalisnya apa itu," pungkasnya.


No comments:

Post a Comment