Tuesday, December 4, 2018

Smart City ala Indonesia Berjaya di Ajang Kompetisi Global

Pembangunan smart city tengah santer dikerjakan oleh pemerintah daerah dibantu bermacam perusahaan ICT nasional ataupun global. Diantaranya ialah Lintasarta.

Menariknya, nyatanya smart city yang dibuat perusahaan ICT nasional memiliki standard tinggi yang disadari dengan global. Ialah Lintasarta yang memperoleh pernyataan internasional itu.

Anak usaha Indosat Ooredoo ini menyapu penghargaan untuk kelompok Indonesia Smart City Infrastructure Service Provider of the Year dari Best Practices Awards 2018 pada Selasa (27/11/2018) di Singapura. Penghargaan yang di terima pada arena yang diadakan oleh konsultan global Frost & Sullivan itu pastikan Lintasarta Smart City adalah service yang aandal serta disadari di tingkat global.

Baca juga : Jurusan di UI

Arena Best Practices Awards 2018 diselenggarakan teratur tiap-tiap tahunnya pada perusahaan terunggul di Asia Pasifik dari beberapa bidang industri. Penilaian dari analis Frost & Sullivan dikerjakan dengan berdiri sendiri dengan lihat kelebihan dari beberapa tanda kapasitas. Contohnya, perkembangan penghasilan, market share serta perkembangan saham, kepemimpinan dalam pengembangan produk, dan taktik pemasaran serta usaha taktik peningkatan.

President Director Lintasarta, Arya Damar, menjelaskan, penghargaan ini jadi satu kebanggan buat Lintasarta yang sudah kerja keras serta bereksperimen dalam menolong beberapa daerah di Indonesia menerapkan service Smart City. “Penghargaan ini menjadi legitimasi pada keseriusan Lintasarta dalam memberi service yang terunggul terutamanya dalam menolong beberapa kota serta kabupaten di Indonesia menerapkan tehnologi untuk menggerakkan penambahan service publik serta kesejahteraan penduduk,” papar Arya, Kamis (29/10/2018).

Menurut Arya, lokasi geografis Indonesia yang luas terbagi dalam kepulauan dan pembangunan infrastruktur yang tidak rata jadi rintangan sendiri dalam menggerakkan implementasi Smart City di Tanah Air. “Wilayah Indonesia yang besar dari mulai Sabang sampai Merauke memerlukan prinsip yang kuat serta service infrastruktur ICT htangguh, dan mempunyai jaringan yang luas untuk pastikan pembangunan daerah berbasiskan tehnologi,” papar Arya.

Sekarang ini Lintasarta sudah melayani lebih dari 2.000 perusahaan saat lebih dari 30 tahun. Serta semenjak 2016 perusahaan konsentrasi dalam memberi dukungan bidang pemerintahan, dan dengan berkelanjutan melayani lembaga pemerintahan. Seperti kementerian, instansi serta tubuh publik, termasuk juga 76 kota/kabupaten di semua Indonesia. Jumlahnya ini makin bertambah serta jadi kebanggaan buat Lintasarta bisa berperan dalam usaha memajukan dan menyejahterakan bangsa.

“Sebagai contoh peran Lintasarta yaitu dengan memberi jaringan terkoneksi memakai alat fiber optic (FO) pada semua organisasi piranti daerah (OPD) di Pemkab Temanggung. Ini jadikan pekerjaan operasional serta service lebih efektif, transparan, terintegrasi, serta berkaitan,” klaim Arya.

Lintasarta Smart City adalah jalan keluar end-to-end, yang mempunyai enam tingkatan implementasi dari mulai pembuatan masterplan, infrastruktur ICT, integrasi data, aplikasi smart city, change management, serta publikasi. Lewat kerja sama juga dengan Lintasarta tiap-tiap daerah akan terbantu tidak cuma sampai implementasi service tapi sampai efek dan perkembangan yang berasa oleh penduduk daerah.

Baca juga : Jurusan di UPI

Perusahaan ikut jadi partner sah dari Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kemkominfo) dalam menyukseskan program Pergerakan Ke arah 100 Smart City di Indonesia. Peran Lintasarta dengan ada ke beberapa daerah bersama dengan Kemkominfo memberi edukasi serta mengawal tingkatan implementasi smart city dengan pas serta cepat.

Shivaji Das, Mitra & Asia-Pacific Managing Director Frost & Sullivan menjelaskan, arena Best Practices Awards 2018 diselenggarakan untuk menghargai serta mengaku perusahaan yang sudah menggerakkan kelebihan serta perkembangan di Asia-Pasifik. “Kami suka untuk menyoroti implementasi terunggul serta menghargai perusahaan yang sudah mempunyai kelebihan dalam industri mereka semasing. Lewat pernyataan ini, Frost & Sullivan mengharap jika perusahaan dipilih selalu unggul serta meningkatkan mereka untuk perolehan selanjutnya,” tutur Shivaji.

No comments:

Post a Comment