Wednesday, December 26, 2018

Mengenal Mukesh Ambani

AYAH Isha Ambani ini sudah sempat menggeser posisi Jack Ma pada Juli yang lalu menjadi pria paling kaya di Asia, diambil Bloomberg.

Akan tetapi, siapa sebetulnya Mukesh Ambani? Pria 61 tahun ini ialah CEO Reliance, satu perusahaan asal India yang berjalan di bidang daya. Konsentrasi penting Reliance Industries ialah industri pertambangan minyak serta gas, di samping telekomunikasi.

Baca juga : Jurusan di UM

Kekayaan Mukesh naik jadi Rp638 triliun menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaannya bersumber dari Reliance Industries yang adalah perusahaan India paling besar ke-2 dengan kapitalisasi pasar lebih dari miliaran dolar.

Bersama dengan keluarganya, ia mengatur perusahaan lebih dari 43%. Ia ikut mendapatkan dividen, upah, belum juga honor menjadi direktur perusahaan itu, termasuk juga kepemilikan saham pada Reliance Industrial Infrastructure yang mempunyai beberapa investasi pribadi, terutamanya aliran pipa gas.

Mukesh meneruskan usaha yang diwariskan sang bapak, Dhirubhai Ambani. Dhirubhai mengawali karirnya dari bawah menjadi pegawai toko sebelum berdagang bumbu serta benang tenun.

Ia lantas membangun Reliance Industries, perusahaan manufaktur serta tekstil. Mukesh lahir 10 tahun sesudah kemerdekaan India dari Inggris pada 1947. Ia ambil studi Tehnik Kimia sebelum pada akhirnya masuk dengan direksi Reliance waktu usianya 20 tahun bersama dengan adiknya, Anil.

Mukesh Ambani populer dengan popularitasnya menyelesaikan project bertaraf besar serta peranannya yang penting dalam merubah perusahaan jadi pemain di bagian petrokimia pada 1990-an, menyusul telkom serta ritel pada 2000.

Ia bertanggungjawab atas project di Patalganga, dibarengi kompleks kilang minyak paling besar dalam dunia yang berada di Jamnagar, pesisir barat India. Mukesh sangat dihandalkan sang bapak.

Ayahnya memintanya mengatur kerajaan bisnisnya, walau sebenarnya Mukesh masih tetap menimba pengetahuan di Kampus Stanford menguber titel MBA-nya. Reliance melakukan perjalanan yang cukuplah konstan, justru makin kuat di tangan Mukesh seperginya ayahnya sampai sekarang.

Baca juga : Jurusan di UNEJ

Dua dari anaknya, Isha serta Akash Ambani, sudah menggenggam kendali usaha keluarga. Kedua-duanya ambil peranan eksekutif pada usaha telkom. Sesaat si bungsu, Anant, juga dikasih tanggung jawab pimpin bermacam pertemuan serta acara perusahaan.

Mukesh sangat suka pada masakan India. Di antara kesibukannya, ia hoby melihat film Bollywood. Menjadi orang India, kriket ialah berolahraga yang ia sukai.

Mukesh pemilik team kriket profesional Mumbai. Ia suka juga kuliner. Mukesh adalah salah satunya pengunjung setia Mysore Cafe, satu kafe yang popular di Mumbai.

No comments:

Post a Comment