Saturday, August 25, 2018

Besok, 860.001 calon mahasiswa berebut 135 ribu kursi universitas negeri

Sekitar 860.001 calon mahasiswa akan ikuti ujian seleksi bersama dengan masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), Selasa (8/5) besok. Mereka akan merebutkan 135 ribu kursi perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

Baca juga: Jurusan di UIN SGD

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi menuturkan, sekarang ini persiapan dikerjakan, baik oleh panitia pusat ataupun panitia lokal, supaya proses seleksi berjalan mulus. Ia mengutarakan, jumlahnya peserta tahun ini naik bila dibanding tahun awal mulanya.

"Tahun ini jumlahnya pesertanya semakin banyak dibanding dengan tahun lantas, bertambah seputar 15 %," tutur Ravik, Senin (7/5).

Ravik menjelaskan, penambahan jumlahnya peserta SBMPT karena makin tingginya minat lulusan untuk meniti pendidikan yang tambah tinggi.

Berkaitan pelaksanaan SBMPTN, ia mengemukakan, akan dikerjakan dengan dua kelompok. Yaitu kelompok ujian tercatat berbasiskan computer (UTBK) serta ujian tercatat berbasiskan bikin atau (UTBC).

Penentuan kelompok itu, lanjut Ravik, sesuai dengan persiapan dari pelaksana ujian. Ditambah lagi proses ujian akan memakai computer, yang tentu saja diperlukan sarana yang mencukupi.

Baca juga: Jurusan di PNJ

"Ada 833.820 peserta yang ikuti UTBC, sedang yang ikuti UTBK sekitar 26.181 peserta," tuturnya.

Ravik memberikan untuk ujian tercatat akan dikerjakan Selasa besok, sedang untuk ujian ketrampilan akan dikerjakan pada tanggal 9 serta 11 Mei yang akan datang. Untuk ujian ketrampilan yaitu POK serta seni.

No comments:

Post a Comment