Sunday, February 10, 2019

Dua Pecatur Indonesia Berpeluang Raih Norma Grand Master

Kesempatan dua pecatur Indonesia untuk mencapai etika Grand Master (GM) makin terbuka lebar. Pecatur Priasmoro Novendra serta Yoseph Taher mendapatkan point yang cukuplah memberikan keyakinan dalam JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament yang diadakan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca juga : Akreditasi Prodi ITB

Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Semua Indonesia (Percasi) Bagian Pembinaan, Kristianus Liem menuturkan, dalam kejuaraan kesempatan ini Novendra memang tampil bagus. Sampai set ke lima, Novendra cuma kalah dari pecatur favorit Rusia, Demchenko Anton. Hingga Novendra telah kantongi tiga point dari lima laga yang diikutinya.

Tidak hanya Novendra, pecatur Indonesia yang lain yang pun mencapai hasil bagus ialah Yoseph Taher. Dalam kejuaraan kesempatan ini, Yoseph pun mencapai tiga point dari lima set yang telah ditempuh. “Keduanya memiliki kesempatan mencapai etika Grand Master,” papar Kristianus Liem di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/4/2018).

Dengan bekas laga yang ada, dianya meyakini Novendra ataupun Yoseph dapat manfaatkan untuk mencapai point penuh. Dengan demikian, Novendra dapat mencapai etika Grand Master ke-2. “Dari perhitungan dengan sembilan set, keseluruhan point yang mesti diraih supaya bisa mencapai etika Grand Master ialah 6,5 point,” katanya.

Baca juga : Akreditasi Prodi POLBAN

Bila dalam sembilan set tidak dapat terwujud, jadi masih tetap ada peluang di set 10. Dengan catatan point yang mesti didapat Novendra pun semakin banyak yaitu 7 point. Bila belum juga terwujud, yang paling akhir di set ke 11 dengan point 7,5 point.

Sesaat, Yoseph Taher memiliki kesempatan mencapai titel etika Grand Master pertamanya. Priasmoro Novendra ataupun Yoseph Taher sekarang ini baru berstatus Fide Master (FM).

No comments:

Post a Comment