Wednesday, July 25, 2018

Ibu-Anak Sukses Raih Gelar Doktor di UGM

Ada yang menarik dalam penghelatan wisuda Pascasarjana Kampus Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, kesempatan ini. Diantara 1. 478 lulusan master serta doktor, turut diwisuda ibu serta anak yang kedua-duanya saling menyandang titel doktor.

Baca juga: Jurusan di UPI

Mereka merupakan Dr Dra Sri Budi Lestari, 59, serta putra sulungnya, Dr Budi Prasetyo, 36. Walau terpaut umur lebih dari 23 tahun , nyatanya kedua-duanya saling berkuliah di Sekolah Pascasarjana UGM. Bedanya, sang ibu ambil kuliah di Analisis Budaya serta Media, sedang sang anak meniti pendidikan S-3 di Prodi Pengetahuan Lingkungan.

Kedua-duanya sekarang ini adalah dosen di Kampus Diponegoro, Semarang. Sri mengutarakan, dia sudah sempat berkemauan untuk berhenti kuliah doktor di UGM karena penyakit demyelinisasi dideritanya. Karena penyakit itu, dia mesti tetap memakai kursi roda dalam menggerakkan aktivitasnya semenjak lima tahun paling akhir.

”Persisnya, semenjak 1, 5 tahun ikuti kuliah S-3 di UGM, saya mendadak jatuh sakit. Otot paha kanan saya mengecil hingga mesti memakai kursi roda, ” tutur istri dari Didik Samadikun, pensiunan staf pakar Gubernur Jawa Tengah. Dia sudah sempat berfikir berhenti kuliah, tetapi anak serta suami selalu memotivasinya. Termasuk juga, promotornya, Prof Suhartono.

Ibu tiga anak serta nenek dari lima orang cucu ini juga pada akhirnya semangat kembali merampungkan pendidikan S-3 di UGM. Untuk ikuti perkuliahan, Sri tetap didampingi suami yang mengantarkannya ke mana juga dia pergi. Sri pada akhirnya dapat merampungkan pendidikan doktor kurun waktu 6 tahun 4 bulan.

Baca juga: Jurusan di UNTAD

”Saya ingin berikan motivasi serta memberikan inspirasi yang muda-muda. Saya telah 23 tahun menjadi pengajar. Tetapi, saya masih ingin tingkatkan keilmuan saya, ” katanya. Sesaat sang anak, Budi Prasetyo Samadikun, juga mengakui tidak menyang ka dapat diwisuda bersama dengan ibunda terkasih. ”Dari dahulu telah ada anganangan, jika contohnya dapat wisuda bareng, eh nggaktahun ya kesampaian, ” kata dosen Prodi Tehnik Lingkungan Undip ini.

No comments:

Post a Comment