Wednesday, April 25, 2018

Universitas Oxford Mengkaji Proyek Bandara Kertajati

 PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) terima undangan kehormatan dari Kampus Oxford, Inggris untuk menuturkan project strategis nasional BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka. Acara yang juga akan berjalan 5-8 September 2017 itu di gelar atas referensi peserta Global Challenges in Transport tahun terlebih dulu yang di gelar di Kampus Harvard, Amerika.

Baca juga: Biaya Kuliah UNSIL - Pendaftaran UNSIL

Direktur Paling utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menyebutkan, pihaknya memperoleh undangan dari Transport Studies Unit Kampus Oxford untuk menuturkan project BIJB, terutama pembangunan serta pembiayaannya dalam program internasional bernama Global Challenges in Transport.

" Untuk kami ini kehormatan karna ini program kepemimpinan yang teratur berjalan di kampus terkenal Amerika serta Inggris yang mengundang banyak narasumber dari beberapa negara. Dalam referensi itu di sampaikan kalau BIJB yaitu project strategis nasional yang kompleks, " ungkap Virda di Bandung, Kamis (31/8/2017).

Menurut Virda, pihak luar menilainya usaha pemerintah wujudkan BIJB Kertajati tidak gampang mengingat banyak ikut serta. Pasalnya, project ini memadukan keterlibatan unsur pemerintah, BUMD, BUMN, serta swasta, baik dalam konstruksi ataupun pembiayaan. " Kebetulan topik bahasan saat ini itu mengenai infrastruktur, pembangunan, serta pembiayaan, ” tuturnya.

Virda menilainya, keikutsertaan PT BIJB dalam acara ini begitu perlu karna pihaknya dapat mengemukakan best practice dalam pembangunan serta pembiayaan yang melibatkan swasta serta orang-orang. Terutama, kerjasama ini buat pembangunan bandara yang digagas mulai sejak 2003 itu jalan penting. " Skema public private partnership ini adalah yang pertama digunakan di Indonesia dalam soal membuat bandara, " tuturnya.

Gagasannya, Virda juga akan menuturkan sistem pembiayaan bandara itu, dari mulai APBD Jawa barat sampai pada akhirnya memperoleh pertolongan pembiayaan APBN untuk jumlah bagian udara. Pihaknya akan menuturkan peranan PT BIJB jadi BUMD yang dibuat Pemprov Jawa barat untuk mengelola BIJB Kertajati, termasuk juga bertugas menggaet pendanaan dari pihak investor serta perbankan.

Baca juga: Biaya Kuliah POLINDRA - Pendaftaran POLINDRA

" Dari paduan APBN/APBD lantas mulai masuk utang sindikasi bank syariah, juga usaha kami menggagas skema peluncuran reksa dana penyertaan terbatas (RDPT). Dengan diundang Oxford. Berarti, pembangunan BIJB Kertajati ini telah memperoleh animo mengagumkan, " ujarnya.

No comments:

Post a Comment