Monday, March 19, 2018

Kemenkop Gandeng UI Dorong Gerakan Mahasiswa Pengusaha

 Kementerian Koperasi serta UKM mendorong pergerakan mahasiswa entrepreneur di lingkungan universitas, satu diantaranya di Kampus Indonesia.

Deputi Bagian Pemberdayaan SDM Kementerian Koperasi serta UKM Prakoso BS mengajak mahasiswa Kampus Indonesia (UI) untuk mulai mengambil langkah menekuni dunia wiraswasta mulai sejak masih tetap berstatus mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah UNY - Biaya UKT UNY

" Bila telah ada inspirasi usaha, segera lakukan, janganlah banyak pertimbangan, serta janganlah takut tidak berhasil, " kata Prakoso pada acara sosialisasi program Pergerakan Mahasiswa Entrepreneur, di universitas Kampus Indonesia, Kota Depok, sepeti di sampaikan lewat info resminya, Senin (19/3/2018).

Pergerakan Mahasiswa Entrepreneur adalah program yang diinisiasi Kemenkop serta UKM bekerja bersama dengan 59 perguruan tinggi negeri di semua Indonesia, termasuk juga UI.

Prakoso mengharapkan beberapa mahasiswa mulai usaha yang sesuai sama hobynya. Hal itu karna sektor bisnis yang sesuai sama hoby umumnya juga akan mempunyai kelanggengan usaha yang lebih lama serta stabil.

" Diluar itu, pastikan sektor bisnis yang belum juga dikerjakan orang. Atau, tentukan usaha yang khusus pasarnya serta unik, hingga masih tetap tidak sering kompetitornya. Janganlah tentukan usaha yang telah dimasuki beberapa orang, " tuturnya.

Prakoso memberikan Pergerakan Mahasiswa Entrepreneur ini mempunyai tujuan untuk merubah mindset beberapa mahasiswa dari pencari kerja jadi pencipta lapangan kerja.

" Janganlah gengsi untuk mulai diri jadi wiraswasta. Bila kita telah terbelit gengsi ya juga akan sulit mengambil langkah, " katanya.

Diluar itu, katanya, maksud program pergerakan ini untuk menumbuhkan jumlah wiraswasta di Indonesia. Sekarang ini, rasio kewirausahaan Indonesia masih tetap di level 3, 1%.

" Masih tetap jauh apabila dibanding dengan negara seperti Singapura, Malaysia, AS, serta Jepang, " katanya.

Tetapi tuturnya, masih tetap ada masalah paling utama untuk mahasiswa untuk jadi wiraswasta yakni tantangan yang datang dari orangtuanya.

" Jujur saja, banyak orang-tua yang keberatan saat anaknya pilih jalur hidup jadi wiraswasta. Banyak orang-tua yang inginkan anak-anaknya kerja kantoran atau jadi petinggi. Selain itu, banyak orang-tua keberatan anaknya melakukan bisnis saat jadi mahasiswa karna takut kuliahnya ketinggal, " tuturnya.

Dalam peluang yang sama, Kepala Pusat Aktivitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi serta Usaha UI Pribadi Setiyanto menyebutkan kalau pihaknya selalu mendorong anak muda terutama mahasiswa UI untuk jadi wiraswasta mulai sejak awal.

Baca juga: Biaya Kuliah UNS - Biaya UKT UNS

" Banyak contoh wiraswasta berhasil yang belajar dari banyak kegagalan. Ada rekan saya yang berhasil jadi entrepreneur sesudah 11 kali alami kegagalan. Berarti, mulai sejak muda jadi wiraswasta jangan sampai takut tidak berhasil, lakukan selalu, " tuturnya.

Pribadi menyatakan kalau UI menyongsong baik bergulirnya program Pergerakan Mahasiswa Entrepreneur di kelompok universitas.

" Diinginkan dengan ikut mensukseskan program itu dunia universitas dapat tingkatkan jumlah rasio kewirausahaan di Indonesia, " tuturnya.

No comments:

Post a Comment