Friday, February 9, 2018

USC di Mesir Buka Pusat Studi di Indonesia

 Universitas Suez Canal di kota Ismailiya - Mesir (sekitaran 100 km arah timur kota Kairo) hari Minggu (5/2/2012) dengan resmi buka pusat studi Indonesia (PSI).

Pembukaan PSI itu diikuti dengan pemukulan gong oleh Dubes RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, serta Rektor Kampus Suez Canal Prof. Dr. Ahmed Mohammedein. Sekian launching KBRI Kairo yang di kirim ke Kompas, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd. Rahman, dari Kairo - Mesir.

PSI memiliki sebagian program, salah satunya : Pelatihan Bhs Indonesia, Perpustakaan, Café baca, Pemutaran Film Indonesia, Café Budaya, Dapur Indonesia, Membuat seminar mengenai Indonesia, Memberi Konsultasi serta tuntunan akademik untuk mahasiswa yang juga akan mempelajari mengenai Indonesia.

Baca juga : Biaya Kuliah UII

Dubes Nufaizi, jalinan Indonesia-Mesir sudah melalui histori cukup panjang, hingga butuh diperkembang dari sebatas jalinan yang berbentuk emosional kedalam tindakan riil yang memberi faedah besar untuk ke-2 n egara.

Rektor kampus Suez Canal, Mohammedein menyebutkan, pendirian PSI ini tunjukkan langkah riil kalau Indonesia memberi perhatian spesial untuk teman dekat setianya (Mesir).

Atase Pendidikan KBRI Kairo, Prof, Sangidu, PSI minggu depan bisa diawali dengan sebagian program pelajaran, yakni pelatihan Bhs Indonesia serta pengenalan budaya nusantara, dan juga akan diperlengkapi dengan perpustakaan literatur buku-buku mengenai Indonesia.

Seperti di ketahui, hubungan kerja bagian pendidikan pada Kampus Suez Canal dengan Kampus Indonesia telah jalan mulai sejak tahun 2005.

Program serta hubungan kerja yang terwujud pada Kampus Suez Canal dengan sebagian kampus Indonesia salah satunya Shortcourse untuk mahasiswa S2 serta S3 (UGM serta UNS), Tuntunan tesis serta disertasi (UGM serta UNS), Rintisan double degree (UGM), Kursus bhs Arab untuk beberapa pengajar bhs arab (UNS, IAIN Surabaya, UGM).

Baca juga : Biaya Kuliah USAKTI

Diluar itu, Join penelitian pada Kampus Suez Kanal serta UNS (Kampus Sebelas Maret), Pelatihan bhs Indonesia untuk mahasiswa Kampus Suez Canal, Beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) untuk mahasiswa S2 Mesir, Dream program untuk berkunjung ke UGM, Belajar Bhs Indonesia lewat program Darmasiswa untuk mahasiswa Mesir sepanjang satu tahun di Indonesia.

No comments:

Post a Comment