Tuesday, February 13, 2018

Universitas Huaqiao Datangi Smansa Singaraja

 SMAN 1 Singaraja (Smansa) kembali merajut hubungan kerja di tingkat internasional dengan satu diantara kampus di China. Hubungan kerja itu datang dari Kampus Huaqiao, China. Empat orang mahasiswa yang didampingi dua orang dosen dari Kampus Huaqiao menyambangi SMAN 1 Singaraja mulai sejak Selasa (30/1) sampai Jumat (2/2) kemarin.

Kehadiran mereka sepanjang empat hari mempunyai tujuan untuk mengajarkan Bhs Mandarin pada 50 orang siswa jurusan Pengetahuan Bhs di SMAN 1 Singaraja. Kepala SMAN 1 Singaraja, Putu Eka Wilantara menerangkan, terkecuali mengajarkan Bhs Mandarin, mahasiswa Huaqiao juga mengenalkan budaya, kuliner serta obyek wisata di Tiongkok pada siswa Smansa.

Baca juga : Biaya Kuliah UNS - Pendaftaran UNS

Sesudah empat hari ada di Smansa, acara kunjungan ditutup dengan penyerahan cinderamata pada perwakilan Kampus Huaqiao dengan Kepala Smansa, pada Jumat (2/2) sore. “Kunjungan ini pertama kalinya dikerjakan dari Kampus Huaqiao, China. Kehadiran mereka sepanjang empat hari mempunyai tujuan untuk mengajarkan Bhs Mandarin pada siswa Jurusan Bhs. Ini begitu positif, di mana siswa kami juga memperoleh peluang belajar budaya, kuliner serta pariwisata di China. Siswanya sangat ketertarikan belajar, ” tutur Eka Wilantara waktu di konfirmasi selesai acara penutupan.

Menariknya, Eka mengatakan satu dari empat mahasiswa Kampus Huaqiao yang datang adalah alumni dari Smansa Singaraja. Mahasiswa itu yaitu AA Mega Triana Dewi. Yang meniti program S1, pendidikan Bhs Mandarin yang memperoleh beasiswa dari Pemerintah China.

Bahkan juga, Eka Wilantara tidak menolak, kunjungan ini jadi arena untuk menghidupkan ketertarikan siswa Smansa Singaraja untuk kuliah di Kampus Huaqiao. Sebab, kesempatan beasiswa untuk siswa Smansa begitu terbuka lebar. “Kami berharap kunjungan ini dapat tingkatkan ketertarikan siswa untuk studi di Kampus Huaqiao lewat jalur beasiswa” tegasnya.

Disamping itu Mega Triana mengakui suka dapat datang kembali pada almamaternya Smansa Singaraja sesudah tamat tahun 2015 kemarin. Ia mengharapkan siswa Smansa tertarik untuk studi diluar negeri khsusnya Kampus Huaqiao.

“Bahasa Mandarin itu kan prospeknya termasuk bagus. Terlebih banyak turis asal China yang bertandang ke Bali. Bila tamat kelak kita mungkin saja pemandu wisata. Diluar itu kuliah di Kampus Huaqiao juga gratis, karna bisa beasiswa” tutur Mega.

Baca juga : Biaya Kuliah UNSOED - Pendaftaran UNSOED

No comments:

Post a Comment